Header AD

header ads

Model Pembelajaran Yesus Menurut Injil Matius


1. Guru Mencari Murid (Mat. 4:18)

Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia. Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.
Pembelajaran model guru mencari murid merupakan model yang terdapat pada guru-guru/rabi-rabi di kalangan Yahudi pada waktu itu. Para rabi selalu mencari murid-murid untuk dijadikan sebagai pengikutnya. Hal yang menarik pada laporan Matius adalah Yesus mencari murid dengan cara berjalan menyusur danau Galilea, model ini asing bagi para guru di zaman itu. Awal pencarian murid adalah orang-orang dewasa yang bekerja sebagai nelayan di danau Galilea. Yesus mencari dan menemukan murid-murid serta memanggil mereka menjadi pengikut (murid) dengan tujuan yang sangat jelas: “… Kamu akan Kujadikan penjala manusia”.
Matius menarasikan Yesus seorang guru yang mencari murid dengan tujuan yang jelas, sebab dengan tujuan yang jelaslah maka akan mempengaruh seluruh proses pembelajaran. Guru yang mengajar akan jelas sasaran, murid yang mengikuti proses pembelajaran pun jelas arahnya.
Jadi, guru mencari murid dengan tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan pembelajaran dalam Matius adalah Murid-murid mampu menjadi penjala manusia. dapatlah kita katakana sebagai model pembelajaran Yesus menurut Injil Matius
Tetapkan tujuan, cari murid dan beritahukanlah mereka tentang tujuan tersebut.
Implikasinya bagi guru PAK adalah jadilah guru yang mencari murid, pahamilah tujuan PAK secara baik, beritahukan kepada peserta didik dan didiklah berdasarkan tujuan tersebut. Artinya yang ada dalam hati dan pikiran guru adalah bagaimana saya menjadikan orang-orang yang dipercayakan menjadi murid.
Berlanjut …
Model Pembelajaran Yesus Menurut Injil Matius Model Pembelajaran Yesus Menurut Injil Matius Reviewed by Yonas Muanley on 4:54 AM Rating: 5

2 comments

Unknown said...

Bagus artikelnya pak..

dari Sherly Pulu :)

Unknown said...

Bagus Rtikelnya Pakk,,, :)

Post AD

home ads